Entri Populer

Saturday, August 24, 2013

Beauty Care

Hay hay..selamat petang menjelang malam minggu. Oke, sekarang aku mau m(p)osting tentang perawatan wajah dan tubuh yang aku rangkum dari berbagai sumber. Check this out! ;)

1. Bangun pagi sebelum matahari terbit
Aku nggak tau sih dasarnya apa, tapi dengan bangun pagi-pagi kita bisa menghirup udara segar yang masih bebas polusi dan punya banyak waktu buat mempersiapkan diri sebelum beraktivitas. Apalagi perempuan, siap-siapnya aja butuh waktu yang lumayan lama. Daripada bangun siang terus jadi keburu-buru, bisa-bisa bikin semuanya berantakan dan ngefek ke mood yang jadi jelek. Keuntungan lainnya juga buat para muslimah bisa shalat Subuh tanpa terlambat. Apalagi ada shalat sunnah yang punya banyak keutamaan yang dilaksanakan sebelum shalat Subuh, yaitu Shalat Fajar.

2. Minum air putih
Setelah bangun pagi, jangan lupa untuk langsung minum segelas atau dua gelas air putih sebelum melakukan aktivitas lainnya. Jumlahnya bisa bervariasi tiap orang, disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Kalo aku cukup satu gelas air putih karena gampang beser kalo kebanyakan :p. Minum air putih setelah bangun tidur mempunyai fungsi penting, yaitu membantu mengaktifkan organ internal.
Kita sering membaca atau mendengar bahwa dalam sehari tubuh membutuhkan sekitar 8 gelas air putih untuk menghindari dehidrasi. Tapi perlu diingat bahwa kebutuhan per individu berbeda-beda. Kita sendiri yang tau berapa takaran air putih yang cukup untuk tubuh. Bisa lebih dari 8 gelas ataupun kurang. Berikut ini ada poster yang berisi rekomendasi kapan saja sebaiknya kita mengkonsumsi air putih, plus kegunaannya.




Dua gelas setelah bangun pagi (2)
Satu gelas sebelum mandi (2 x 1)
Satu gelas 30 menit sebelum makan (3 x 1)
Satu gelas sebelum tidur malam (1)
Jadi, pas 8 gelas :)

3. Cuci wajah dengan air teh "basi"
Iya, nggak salah baca kok, air teh basi. Jadi kalo ada sisa air teh kemarin, bisa tuh digunain buat cuci muka, fungsinya untuk mengencangkan kulit wajah dan menghindari kulit dari jerawat. Caranya gampang, tinggal seduh air teh tanpa gula, biarkan semalaman, atau ada yang mendiamkannya selama 24 jam. Nah, air nya bisa buat cuci muka dan ampasnya ditempel-tempelin di wajah dengan lembut. Biarkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Air dingin aja ya buat menutup pori-pori :)

4. Olahraga ringan : stretching
Pagi hari yang masih segar bisa juga dimanfaatin untuk olahraga. Nggak perlu olahraga yang berat, ngabisin waktu, apalagi ngeluarin biaya. Cukup lakukan olahraga ringan tapi kaya manfaat seperti stretching yang berguna untuk meregangkan otot. Tapi, perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan stertching. Bisa baca di http://duniafitnes.com/training/hindari-10-kesalahan-umum-saat-melakukan-stretching-berikut-ini.html
Kalo aku pribadi karna pengen banget punya paha kecil (ketauan deh :p), jadi stretchingnya dengan gaya Leg Circles. Caranya, pertama-tama berbaring dengan posisi terlentang dengan kedua kaki diluruskan. Posisi tangan berada di susu tubub dengan telapak tangan menghadap ke bawah (telungkup). Naikkan kaki kanan ke atas dengan posisi kaki tetap lurus, kemudian buat lingkaran imaginer dengan jari kaki di udara. Buat 10 lingkaran searah jarum jam, lalu buat 10 lingkaran lagi dengan arah yang berbeda. Lakukan sebanyak 15-20 kali. Selanjutnya, lakukan hal yang sama dengan kaki kiri. Buat 10 lingkaran imajiner searah jarum jam dan 10 lingkaran imajiner dengan arah berkebalikan. Lakukan sebanyak 15-20 kali. Tapi jangan lupa pemanasan ya, biar tubuhnya nggak kaget :) Juga jangan mengangkat pinggul saat melakukan gerakan, dan tarik nafas ketika akan membentuk lingkaran. Untuk gerakan dengan gaya lain bisa dilihat di http://melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1978_Olahraga-Mengecilkan-Ukuran-Paha

Terus, contoh olahraga ringan lainnya yang aku catat adalah lari di tempat dengan gaya Butt Kick dan High Knee. Kenapa? Karena olahraga jenis ini bisa untuk menurunkan berat badan (ketauan lagi kalo gemuk :p).
Butt Kick dilakukan dengan cara (1) Posisi berdiri tegak dengan kedua tangan menggenggam dan diangkat ke atas. (2) Gerakkan kaki kanan ke belakang hingga tumit hampir menyentuh pantat. (3) Turunkan kaki kanan kemudian ulangi gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri
High Knee dilakukan dengan cara (1) Awali dengan posisi berdiri. (2) Punggung tetap lurus dan rileks. (3) Lakukan gerakan lari di tempat namun dengan mengangkat lutut setinggi perut.
Lakukan lari di tempat tersebut selama 10-20 menit :
-Awali lari di tempat dengan intensitas sedang untuk pemanasan selama 1-3 menit.
-Lalu pacu kecepatan lari di tempat dengan tenaga maksimal 30-40 detik
-Kemudian turunkan kecepatan dengan lari santai selama 60-90 detik
-Pacu lagi dan lambatkan lagi hingga 10-20 menit
Untuk selengkapnya dan manfaat dari olahraga tersebut bisa dilihat di http://duniafitnes.com/fat-loss/ini-lho-cara-paling-gampang-untuk-turunkan-berat-badan.html

5. Mandi
Setelah melakukan olahraga dan berkeringat, jangan langsung mandi! Biarkan keringat hilang terlebih dahulu. Jangan mandi atau mencuci muka ketika berkeringat karena bisa berbahaya. Salah satu bahayanya adalah dapat mendatangkan penyakit angin duduk. Usahakan untuk benar-benar membersihkan seluruh bagian tubuh ketika mandi, bisa juga menggunakan handuk khusus mandi yang berbentuk sarung tangan dengan permukaan kasar untuk kebersihan maksimal. Bilas dengan air bersih tanpa meninggalkan bekas sabun, lalu keringkan dengan handuk lembut. Jangan lupa juga untuk mencuci handuk tiga hari sekali :)

6. Lulur Mandi
Perempuan selalu menginginkan mempunyai kulit yang halus, putih, dan sehat. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan memakai lulur yang mengandung scrub. Cukup lakukan seminggu sekali, karena scrub tidak boleh digunakan setiap hari. Sekarang banyak lulur mandi berbagai merk yang dijual di pasaran. Pilih lulur mandi yang sesuai kebutuhan. Entah itu untuk membuat kulit menjadi putih, mengencangkan kulit, dan sebagainya.

7. Teknik 424 untuk Membersihkan wajah
Cara ini adalah cara yang dilakukan oleh artis cantik Korea, Suzy Bae untuk membersihkan wajahnya setiap hari (cleansing). Selama 4 menit Suzy mebersihkan wajah menggunakan minyak alami (misalnya minyak kelapa, bisa dibeli di apotek dengan merk yang terkenal yaitu VCO). Setelah itu lanjutkan dengan 2 menit foaming cleanser (pilih yang soap free) dengan sabun muka yang biasa kamu pakai. Lalu 4 menit berikutnya basuh wajah. Pertama dengan air hangat, kemudian diakhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Baca selengkapnya di http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/20257-8-rahasia-kulit-mulus-orang-korea.html

8. Toning
Setelah melakukan cleaning, hal yang wajib dilakukan adalah toning menggunakan toner yang biasa kamu pakai atau dengan cara alami lainnya. Untuk kulit berminyak, toning adalah hal yang penting dilakukan untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan untuk meringkas sisa sabun. Lakukan dengan jemari tangan dan tepuk-tepuk seluruh bagian kulit agar toner meresap secara maksimal.

9. Moisturising
Untuk melembabkan kulit, tidak kalah penting melakukan hal ini setelah pemakaian toner. Caranya, tuang moisturizer ke telapak tangan, gosok-gosok sampai terasa hangat, kemudian baru dipulas rata ke seluruh wajah sambil dimassage lembut.

10. Facial Scrub
Oh ya, selain cleansing menggunakan facial wash yang biasa kamu pakai, penting juga menggunakan facial scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Cukup lakukan seminggu dua kali, atau ada juga yang menyarankan lakukan dua minggu sekali.

11. Masker Wajah
Hal yang tidak kalah penting adalah memakai masker wajah, baik masker yang tersedia di pasaran ataupun masker alami yang terbuat dari telur dan buah-buahan. Lakukan seminggu sekali saja.

12. Makan Buah dan Sayur
Selain mengkonsumsi air putih, penting juga untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Namun, perlu diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumis buah. Makanlah buah 20-30 menit sebelum makan nasi. Alasannya, karena buah mengandung gula dan membutuhkan waktu untuk mencernanya. Baca selengkapnya di http://www.merdeka.com/sehat/5-alasan-harus-makan-buah-sebelum-makan-nasi.html

13. Minum Susu Kedelai
Untuk yang lagi diet, cara ini perlu dicoba lho. Adik saya yang endut melakukannya setiap hari dan berhasil! Tentunya dengan diimbangi makan makanan sehat, buah dan sayur, serta olahraga yang tepat. Minum susu kedelai tiap pagi dan malam sebelum tidur. Susu kedelai yang saya rekomendasikan adalah susu Melilea yang bisa ditemukan di apotek maupun supermarket terdekat :)

14. Cleansing (Teknik 424), Moisturising, dan Toning di Malam Hari
Selain dilakukan pagi sebelum beraktivitas, kegiatan ini juga perlu dilakukan malam hari sebelum tidur.

15. Jajanan Diet Sehat
Atur juga jajanan yang biasa kamu konsumsi! Jajanan yang mudah ditemukan di pasaran adalah roti gandum diantaranya (sebut merk ya ;)) Biskuit Roma Sari Gandum, Soyjoy, Fitbar, Buavita, dan lain sebagainya. Kurangi mengkonsumsi gorengan untuk mencegah produksi minyak berlebih.

16. Lain-Lain
Jangan melupakan perawatan kecil yang tak kalah penting seperti memotong kuku secara teratur seminggu sekali, membersihkan telinga dalam dengan cotton bud, serta keramas dua hari sekali plus conditioner dan vitamin rambut secara teratur




Oke, itu aja perawatan diri sehari-hari yang  jangan pernah dilewatkan. Bisa ditambahi sendiri kalo ada yang kurang. Good luck! And see you next time ;)

No comments: